Media Cetak Terancam “Cyber” Media

Jakarta, Kompas

Media cetak yang dianggap media tradisional dalam sepuluh tahun mendatang terancam dengan perkembangan cyber media. Paling tidak itulah yang saat ini terjadi pada media di Amerika. Meski kebutuhan akan informasi terus meningkat, namun keinginan untuk membaca media tradisional cenderung menurun.

Hal ini dikemukakan Prof Brian Brooks, Editorial Department Missouri School of Journalism dari University Missouri, dalam Workshop Media Management and Media Technology yang diselenggarakan Masyarakat Pers dan Penyiaran Indonesia (MPPI), Serikat Penerbit Suratkabar (SPS), Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS), bekerja sama dengan Kedutaan Besar Amerika dan Kelompok Kompas Gramedia (KKG) di Jakarta, Selasa (21/3).

Workshop yang dibuka ketua umum SPS Jakob Oetama itu juga menampilkan pembicara Pacific Editor Stars & Stripes, Lee Ewing, yang membawakan topik Managing to Survive and Strategic Planning dan panelis Makfuddin Wiraatmadja dari MPPI, Kemala Atmojo dari Majalah GAMMA, Arnold Seitlin dari Freedom Forum dan Lin Neumann dari Southeast Asian Press Alliance (SEAPA) dengan topik Management Issues.

Jakob Oetama ketika membuka workshop mengatakan, saat ini ada tugas besar yang dihadapi dunia usaha penerbitan dengan keterbatasan kapasitas yang dimilikinya. Tugas itu berkaitan dengan peran media dalam demokrasi dan bagaimana dunia media dapat bertahan menghadapi perkembangan teknologi.

“Satu-satunya yang bisa dikerjakan adalah membentuk kerja sama tim yang solid dan mau terus belajar. Kita harus sadar terhadap kemajuan teknologi informasi saat ini, dan harus mau belajar lagi dengan membuka pikiran dan mau terjun ke lapangan,” kata Jakob.

Masih menurut Jakob, media bukan sekadar bagaimana memproduksi suatu berita, tetapi juga berkaitan dengan marketing, manajemen finansial dan kepercayaan dari masyarakat yang menjadi pembacanya. “Oleh karenanya kita harus dapat membuka diri terhadap kritik dari masyarakat,” ujarnya.

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0003/22/dikbud/medi09.htm

google,11/5/2007 10:25:18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: