Manajemen Maskapai Rendah

JAKARTA, KOMPAS – Sebagian besar manajemen maskapai penerbangan di Indonesia dinilai masih memiliki pengalaman dan pengetahuan yang rendah mengenai prosedur penerbangan. Kondisi ini sangat berisiko mengingat pengaruh kebijakan manajemen terhadap proses penerbangan sangat besar.

Pengamat penerbangan Yaddy Supriyadi, Selasa (2/1) di Jakarta, menjelaskan, banyak direksi baru di industri penerbangan yang tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam dunia penerbangan.

“Padahal, pengetahuan mengenai prosedur penerbangan harus dimiliki semua pihak yang terkait dengan penerbangan. Human factors juga tidak hanya menyangkut individu pilot yang menerbangkan pesawat, tetapi juga manajemen penyelenggara penerbangan, airline, dan lingkungan kerja secara luas,” kata Yaddy.

Menurut dia, peningkatan pengetahuan manajemen maskapai terhadap prosedur penerbangan harus menjadi prioritas guna menekan angka kecelakaan pesawat terbang yang cukup marak terjadi di Indonesia. Terakhir adalah hilangnya pesawat AdamAir rute penerbangan Jakarta-Surabaya-Manado dengan nomor penerbangan KI 574, Senin, pukul 15.07 waktu Indonesia tengah.

Yaddy menjelaskan, dalam dunia penerbangan sudah ada kebijakan dan prosedur yang disusun secara baku. Prosedur-prosedur tersebut seharusnya tidak dilanggar karena bisa berakibat fatal.

Namun, karena minimnya pengetahuan mengenai hal tersebut, manajemen kerap melanggarnya. Padahal, dalam dokumen human factors, organisasi dan manajemen telah disebutkan bahwa kontribusi tindakan dan pernyataan direksi terhadap kecelakaan pesawat tidaklah kecil.

http://kompas.com/ver1/Ekonomi/0701/03/065220.htm

Google,11/5/2007 10:21:14

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: